KINARYA COOP.

SEKILAS KINARYA Coop.

KINARYA Coop. adalah Badan Hukum sah GERAKAN1000 yang dimulai sejak tahun 2016 dengan penandatanganan DEKLARASI GERAKAN1000 yang langsung memulai giat yang mencakup seluruh program ekonomi kreatif terintegrasi dengan menggunakan FILM sebagai lokomotif penggerak sub-sektor ekonomi berbasis pariwisata yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia yang dikelola langsung oleh kelompok masyarakat dengan memaksimalkan semua sumber daya dan potensi Indonesia melalui talenta yang dimiliki oleh Gen Z & Milenial didukung dan berkolaborasi dengan Pemerintah, Akademisi dan Pelaku Usaha.

 

PERJUANGAN AWAL

Gerakan ini berawal dari Niat Tulus dari sekelompok PELAJAR (usia 13 – 15 tahun) di daerah Cikarang yang ingin membuat FILM dengan tujuan untuk membantu anak-anak yang sakit kronis dari keluarga tidak mampu dari seluruh Indonesia, yang pada saat itu dikelola oleh Yayasan Rumah Harapan dan Yayasan Rumah Sakit Apung. NIAT TULUS & PEDULI adalah kunci untuk bertahan dari semua rintangan dan semua ketidakpercayaan orang “dewasa” yang harus dihadapi dan dibuktikan oleh generasi Z ini. 

Feel GOOD by Doing GOOD Things & Nothing is imPossible adalah tagline yang selalu mengiringi setiap langkah kecil yang telah dimulai oleh komunitas kecil Generasi Z bangsa ini, dengan harapan dapat menggandengan seluruh elemen masyarakat Indonesia menuju INDONESIA MANDIRI & MAJU yang  memegang teguh nilai KEADILAN melalui cara yang kreatif. 

 

FILM SUNU sebagai FILM PERDANA

Januari 2014 adalah awal dimana Komunitas kecil ini memulai langkah mereka untuk memulai Pra Produksi Film dengan judul SUNU, dengan modal patungan dan ilmu seadanya, dan dukungan seorang Patrick Tashadian (hanya melalui Telpon & WA) akhirnya 12 anak berangkat ke Pulao Bokor, Kendari, Sulawesi Tenggara untuk shooting Film dengan Tema “Pengeboman Ikan” yang dilakukan oleh anak-anak suku Bajoe. Keseruan pun diwarnai dengan tangisan (karena tidak pernah menyangka bahwa memulai suatu hal dianggap baik dan mau menolong banyak orang, bukan berarti ada kepastian mendapatkan bantuan. 

Namun tantangan pun ditanggapi dengan keceriaan dan kreatifitas untuk berpikir, bagaimana bisa mendapatkan dana yang cukup…. Cuci Mobil….. Cuci Kandang Anjing, Ayam dan Kelinci….. Jualan Pudding…. Bahkan Berusaha untuk menciptakan berbagai jenis Kukis MOCAFINA [Mocaf Indonesia]…. semua dilakukan dengan kegembiraan dan keceriaan…. dan membawa team kecil ini untuk bertemu dengan Bapak Edy Putra Irawady dari Kemenko Perekonomian dan Ibu Yunita Resmi Sari dari Bank Indonesia, yang akhirnya kami memulai suatu gerakan yang diberi nama GERAKAN1000. 

“Satu MIMPI dari Komunitas Sineas Muda Indonesia – inilah nama komunitas kecil yang memulai perjalanan KINARYA Coop. yaitu, menyelesaikan dan menayangkan FILM SUNU yang pernah kami buat bersama dengan sahabat kecil kami, yang semuanya adalah Pelajar SMP dan SMA sekolah swasta di Cikarang”    

Impian 1000 Pulau dapat diakui sebagai Karya Perdana Kolaborasi dengan berbagai pihak, keterangan rinci, dapat dilihat pada : https://gerakan1000.com/impian-1000-pulau/

Dan untuk kegiatan berkelanjutannya, dapat dilihat pada : https://gerakan1000.com/17-film-17-provinsi/

 

Salam We Change,

KINARYA Coop.

Choose Language »