Gerakan 1000

Film Karya Millenial Muda Indonesia

Picture1
NOBAR 12-23

Seuntai Narasi Film Impian 1000 Pulau dan GERAKAN1000

Januari 2014 adalah awal niat tulus Sineas Muda Indonesia yang masih berusia 13-15 tahun bergerak untuk membuat suatu Karya dimana hasilnya dapat dipergunakan untuk berbagi dengan anak-anak seusia mereka yang sakit kronis dari keluarga yang tidak mampu di Indonesia. 

Niat tulus bukan berarti selalu mulus. Keterbatasan, tantangan, tekanan bahkan penolakan yang harus dihadapi oleh komunitas yang berusia belia inilah yang justru telah mengasah mental dan karakter untuk tetap memiliki integritas meraih mimpi dalam menyelesaikan karya secara kreatif dan gotong royong sampai akhirnya melangkahkan kaki di Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia di tahun 2015.  

Film Impian 1000 Pulau adalah film yang diproduksi oleh Sineas Muda Indonesia yang dengan dukungan moril serta bimbingan dari Lintas Kementerian dan Lembaga, Akademisi, Komunitas dan Dunia Usaha.

Produksi Film ini adalah bagian dari aktivitas GERAKAN1000, yang melaksanakan pemberdayaan masyarakat dengan mengangkat nilai-nilai sustainability yang disinergikan dengan program lintas kementerian dan lembaga.  GERAKAN1000 di deklarasikan pada 31 Maret 2016 di dukung 3 Kemenko yaitu Kemenko Perekonomian, Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Kemenko Kemaritiman.

Film ini tidak hanya mempromosikan Taman Nasional Kepulauan Seribu sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional namun juga mensosialisasikan bahaya menangkap ikan dengan jaring Muroami dan terlebih lagi menggunakan kompresor sebagai alat bantu pernafasan, mempromosikan potensi budaya lokal, mensosialisasikan literasi keuangan, mensosialisasikan nilai-nilai cinta lingkungan dan konservasi alam (sustainable mindset) yang dipadukan dengan ide menarik dari kehidupan anak muda serta serta konflik hubungan ayah dan anak, dipastikan menjadi kekuatan cerita dari Film Impian 1000 Pulau. Naskah film dibuat secara professional dengan dukungan dan persetujuan dari Kemenko PMK.

Aksi nyata penerapan Pancasila lah yang dipertahankan selama proses pembuatan. Para stakeholder film ini bukan hanya menjadi subjek, tapi juga sebagai target dari nilai-nilai yang ingin diwujudkan.  

Sebagai bagian dari program Pemberdayaan Masyarakat, film ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia dengan pendekatan 4 helix dengan semangat konservasi dan sustaibability.  Lebih dari 40 kegiatan pemberdayaan telah dilaksanakan untuk mengawali produksi film ini.

Film Impian 1000 Pulau akan ditayangkan di bioskop-bioskop dengan strategi nonton bareng, yang hasilnya akan digunakan untuk melaksanakan konservasi (mangrove, transplantasi karang dan tukik), pemberdayaan masyarakat lokal, kesehatan dan pendidikan di Indonesia Timur, penerapan sistem telemedicine, dan pembuatan film berikutnya di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional lain, yang dikelola oleh Koperasi Jasa Serba Usaha Indonesia Kreatif Berkarya (KINARYA) sebagai Badan Hukum yang dipilih oleh GERAKAN1000.

KINARYA terbuka untuk semua lapisan masyarakat khususnya generasi milenial Indonesia yang cinta NKRI.  Pengelolaan KINARYA dibina oleh Lintas Kementerian dan diaudit oleh KAP ternama. KINARYA menjadi wadah untuk mensosialisasikan kembali Koperasi sebagai sokoguru wadah kegiatan masyarakat yang berasaskan Pancasila.

Keunikan dari Film Impian 1000 Pulau ini adalah terletak pada proses pembuatannya, isinya, model kolaborasinya, kepemilikannya dan tujuannya.  GERAKAN1000 adalah karya nyata generasi milenial Indonesia.  Wujud “Kerja Nyata dan Kerja Bersama” Anak Negeri.

Film Impian 1000 Pulau dan GERAKAN1000 adalah segala mimpi yang diwujudkan menjadi realita.

Semua tentang Saya… tentang Anda… dan tentang Kita.  Tentang bagaimana kita bersama… merajut ASA, Karya dan Masa Depan… agar Merah Putih tetap berkibar di Nusantara.

Latest News

Choose Language »